Purbotari, Bojonggede Rawan Pencurian

Purbotari, Bojonggede Rawan Pencurian
TKP : Lokasi Perumahan Puri Bojong Lestari yang menjadi sasaran empuk para garong di Kelurahan Pabuaran, Bojonggede, Minggu (6/10). FOTO : ARNET/RADARDEPOK
TKP : Lokasi Perumahan Puri Bojong Lestari yang menjadi sasaran empuk para garong di Kelurahan Pabuaran, Bojonggede, Minggu (6/10). FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perumahan Puri Bojong Lestari (Purbotari) menjadi lumbung bagi para kawanan garong. Pasalnya, dalam sehari garong berhasil menggasak barang curian di tiga tempat berbeda, yakni dua rumah warga dan satu kotak amal di musala AL Hidayah, RT07/14 Kelurahan Pabuaran, Bojonggede., Kamis (3/10)

“Kamis kemarin, sehari ada pencurian di tiga titik di komplek ini,” kata Penasihat Jaringan Kemanan Terpadu Sementara RW 14, Syahrir saat dikonfirmasi, Minggu (6/10).

Menurut Syahrir, keamanan di Purbotari sudah ditingkatkan. Bahkan, warga sudah memegang Handy Talkie sebagai alat komunikasi sebanyak 87 unit, sebagai alat koordinasi antarwarga.

“HT sudah di sebar ke warga tapi masih sering kemalingan, jujur aja kita tinggal jadi tidak nyaman,” paparnya.

Diketahui korban pertama Sri Rahayu, warga RT07/14, harus rela kehilangan sepeda motor merek Honda Beat warna biru selesai dirinya pulang kerja Kamis (3/10) pukul 17.00 WIB.

“Saya pas pulang kerja, taruh motor di depan rumah, lalu masuk dan sholat Isya. Selesai sholat saya mendengar suara gubrak, lalu keluar, motor sudah digondol maling sampai ujung gang. Kejadiannya sangat cepat,” jelas Sri.

Di hari yang sama, Musala Al Hidayah di RT07/14 kehilangan kotak amal. Padahal, kotak amal dibikin dari stainless steel dan dikunci 3 gembok. Namun, garong berhasil membobol kotak amal yang belum diketahui kerugiannya.

Usai kotak amal,  masih di RT 07, warga ada yang kehilangan sebuah helm yang disimpan di garasi rumah, warga menduga kehilangan yang terjadi masih dengan pelaku yang sama.

Sementara, Koordinator Bogor Watch, Sri Widodo Soetardjowijono mengatakan, wilayah Bojonggede akan menjadi wilayah padat dan sibuk. Apalagi jika jalan tembus Tegar Beriman sudah jadi, maka masalah akan semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. Mengenai Pabuaran yang berstatus Kelurahan seharusnya mendapat perhatian yang lebih serius dari Pemkab Bogor.

“Pabuaran harus berbenah dan harus mendapat perhatian yang semestinya, bukan malah diabaikan,” tutup Widodonyang juga warga setempat.

Purbotari adalah perumahan terbesar dan pertama di Kelurahan Pabuaran Bojonggede yang memiliki akses sebanyak 28 jalan tembus, terdiri 15 RT 1 RW dan 700-an kepala keluarga. Masalah keamanan lingkungan menjadi masalah klasik dan laten yang sering muncul kapan saja.  Sementara Petugas Babinsa ada dua orang dan Babinkamtibmas ada ada orang. Mereka harus melayani sekitar 30.000 kepala keluarga di seluruh Pabuaran. (rd)