Ilustrasi parkir untuk sepeda. (Mindra Purnomo/Infografis detikcom)

Jakarta – Akhirnya, harapan pesepeda pengguna KRL diwujudkan. PT KAI telah menyediakan rak #ParkiruntukSepeda di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta dan sekitarnya.

detikcom Do Your Magic memberitakan soal dorongan adanya parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL sejak 21 Januari 2021. Hingga Kamis (1/4/2021) hari ini, sudah ada 29 berita bertemakan penyediaan parkir untuk sepeda.

Selain pengguna sepeda yang sering menggunakan layanan KRL via Stasiun, detikcom juga bertanya ke pakar, yakni peneliti dari Pusat Studi Perkotaan Nirwono Joga dan Direktur Asia Tenggara Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Faela Sufa. Semuanya mendukung penyediaan parkir sepeda.

26 Januari 2021, harapan mulai menemui realisasi. PT KAI menyatakan sudah punya rencana penyediaan parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa. Pihak anak perusahaan PT KAI yang mengurusi parkir sepeda adalah PT Reska Multi Usaha (RMU).

Akhirnya, mulai pertengahan Februari, rak parkir untuk sepeda disediakan oleh PT KAI. Ada 22 stasiun kereta di wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta yang sudah punya rak parkir sepeda baru.

Berikut adalah perbandingan kondisi parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta, Depok, dan Bekasi, sebelum (before) dan sesudah (after) penyediaan rak parkir sepeda:

Before

Pada 20 Januari, detikcom meninjau Stasiun Bekasi di Jl H Juanda. Terlihat sepeda-sepeda diparkir di gawang besi. Pengguna sepeda merasa gawang sepeda ini tidak ideal untuk memarkir tunggangan mereka. Ada pula pengguna KRL yang memilih memarkir sepeda di bagian luar area Stasiun Bekasi.

Pada 21 Januari, detikcom meninjau Stasiun Tebet, Jakarta Selatan. Di lokasi ini, tidak ada tempat parkir khusus sepeda sama sekali. Terlihat ada dua sepeda merah terparkir bersandar di pagar stasiun, diikat dengan rantai.

Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun.Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun. Foto: Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom
Kondisi parkir sepeda di Stasiun Bekasi.Kondisi parkir sepeda di Stasiun Bekasi. Foto: Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom
Pesepeda di Stasiun Bekasi. (Afzal Nur Iman/detikcom)Pesepeda di Stasiun Bekasi. (Afzal Nur Iman/detikcom)

After

Pada 17 Maret 2021, detikcom mulai melihat rak parkir sepeda baru di berbagai stasiun. Ada 22 stasiun yang kini punya rak parkir sepeda. Berikut adalah 22 stasiun yang sudah punya rak parkir sepeda:

1. Cibitung
2. Tambun
3. Bekasi Timur
4. Bekasi
5. Kranji
6. Buaran
7. Klender
8. Jayakarta
9. Juanda
10. Mangga Besar
11. Sawah Besar
12. Jakarta Kota
13. Palmerah
14. Kebayoran
15. Tebet
16. Duren Kalibata
17. Pasar Minggu
18. Lenteng Agung
19. Universitas Pancasila
20. Pondok Cina
21. Gambir
22. Pasar Senen

Petugas mengecek sepeda yang terparkir di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/3/2021).Parkir sepeda di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/3/2021). Foto: Agung Pambudhy
Sepeda-sepeda terparkir di Stasiun Tambun, Bekasi, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Sepeda-sepeda terparkir di Stasiun Tambun, Bekasi, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Rak parkir sepeda di Stasiun Pasar Minggu, Jaksel, 29 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)Rak parkir sepeda di Stasiun Pasar Minggu, Jaksel, 29 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Hanya saja, kondisi rak-rak parkir sepeda tersebut masih sepi. Banyak rak-rak parkir sepeda berbagai stasiun masih kosong melompong. Namun, pakar menilai ini bukan jadi soal. Yang penting fasilitasnya sudah tersedia, budaya bersepeda bisa ditumbuhkan apabila fasilitas sudah tersedia. Selain itu, perlu dibangun pula infrastruktur pesepeda lain berupa lajur khusus hingga rambu-rambu.

“Iya betul, parkir sepeda hanya satu dari sekian infrastruktur pesepeda yang harus dibangun, seperti jalur, lajur, rute sepeda, rambu sepeda, dan marka,” kata peneliti dari Pusat Studi Perkotaan, Nirwono Joga, saat dihubungi pada Rabu (31/3) kemarin.

Rak parkir sepeda di Stasiun Pondok Cina, 29 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)Rak parkir sepeda di Stasiun Pondok Cina, 29 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Kondisi parkir sepeda di Stasiun Pasar Senen.Kondisi parkir sepeda di Stasiun Pasar Senen. Foto: Afzal/detikcom

Untuk pengguna KRL, ayo gunakan sepeda dan manfaatkan rak parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL!