Timbangan Hewan suatu alat yang di gunakana untuk menimbang berat suatu benda berat ataupun makhluk hidup. Timbangan memiliki daya tahan yang kuat untuk menahan beban yang begitu berat maupun ringan. Begitu banyaknya jenis timbangan yang ada di muka bumi ini yaitu salah satunya timbangan hewan.

Tak hanya timbangan manusia dan juga timbangan beban berat saja yang ada pada saat ini, ternyata hewan juga mempunya timbangan dalam bentuk kecil maupun bentuk besar. Timbangan Hewan memiliki bentuk yang berbeda, ukuran, dan kualitas yang sangat berbeda.

Timbangan hewan yang berfungsi sebagai untuk menimbang atau mengukur beratnya berbagai jenis hewan. Berat hewan itu di timbang untuk mengukur kegemukan dan kekurusan hewan selama di pelihara. Dan juga jika beratnya turun maka bisa jadi hewan itu ada gangguan seperti sakit atau kurangnya si gembala memberinya makan.

Hewan dapat di timbang juga untuk proses penjualan hewan dengan mengetahui berat bersih dan berat kotornya hewan tersebut saat di jual, agar si penjual ingin memberikan harga seperti di pasaran, si pembelipun juga mengetahaui berat saat di beli dan saat di pelihara.

Timbangan hewan memiliki daya tahan dan kinerja yang sangat kuat untuk menimbang hewan yang berukuran besar maupun yang kecil. Banyak berbagai hewan yang bisa di timbang dengan menggunakan alat timbangan hewan ini seperti ; sapi, kambing, kerbau, domba, dan hewan lainnya.

Tak hanya hewan beratpun yang dapat di timbang dengan alat timbangan hewan tersebut hewan ringanpun dapat di timbang keberatannya. Dan berbagai jenis hewan apa saja  yang bisa di timbang dan di ukur keberatan hewan yang di miliki.